Senin, 01 Juni 2009

Pesona Bawah Laut Halmahera Tengah











Pesona laut Pulau Mtum Ya dan Pasi Gurango di Kecamatan Weda Utara Kabupaten Halmahera Tengah









Pulau Mtum Ya adalah sebuah pulau kecil yang teridiri dari hamparan pasir putih dengan panjang 142 m dan lebar 67 meter. Pulau ini terletak di sebelah Barat desa Messa Kecamatan Weda Utara dengan jarak kurang lebih 0,93 mil dari pesisir desa Messa.
Pulau ini dapat dikunjungi dengan menggunakan sarana transportasi laut dengan lama perjalanan kurang lebih 15 menit dari desa Messa, 25 Menit dari Desa Sagea dan 1 jam 75 menit dari dermaga Weda.
Pulau ini dikelilingi oleh hamparan terumbu karang yang unik dan eksotik, serta ikan-ikan warna-warni yang indah dan menawan.

Pasi Gurango adalah sebuah pulau karang kecil yang terletak sekitar 0, 62 mil (1 km) di depan Desa Sagea kecamatan Weda Utara. Bentuknya sangat kecil yang terbentuk dari gundukan karang mati dengan diameter kurang lebih lima meter. Gundukan karang ini dikelilingi laut dangkal yang memiliki hamparan terumbu karang sepanjang kurang lebih lima ratus meter dengan jenis karang yang beraneka warna serta biota laut yang indah dan menawan.
Di Pulau Dua juga terdapat hamparan terumbu karang dan biota laut yang tidak kalah menarinya dengan yang ada di pasi Gurango.
Kedua potensi wisata bahari ini dapat dikunjungi dengan menggunakan transportasi laut dari Desa Sagea maupun langung dari dermaga Weda. Waktu tempuh dari dermaga weda kurang lebih 1.5 jam perjalanan

Tidak ada komentar: